Adab Ngeblog

Bismillah, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. 

Hallo guys, gimana kabar hari ini? 
Kali ini aku mau berbagi tips nih tentang Adab Ngeblog. Wuuss kuy meluncuur 



Hmm Ternyata Ngeblog Juga Perlu Punya Adab Yaa..

Adakah teman-teman di sini yang suka nulis? Atau bahkan punya blog? Atau mungkin sering mengunjungi blog-blog kesayangan kalian? 

Nah ternyata ada hal-hal yang perlu diketahui dan diperhatikan sebelum menyelam ke dunia perbloggeran, loh. Khususnya untuk teman-teman yang punya blog, nih. Seorang blogger juga harus dan butuh punya adab atau sopan santun layaknya adab dalam bersosial media. Lalu, apa aja nih adab-adab yang perlu diperhatikan?

Adab Ngeblog from Coach Marita

Adab dalam Menulis Artikel

  • Personal Touch
Ini nih hal dasar yang kadang sering aku dan kita lupakan. Jujur dan pakai hati saat menulis. Ups, ini juga ada kaitannya loh sama apa sih sebenarnya tujuan kita mau menulis. Jangan salah ya, menulis bukan asal menulis nih. Tulisan yang kita tulis dari hati pastinya nanti akan lebih mengena dan sampai kepada pembaca. 

Jika mau diulas dan dirasakan, sesungguhnya terlihat loh mana tulisan yang ditulis saat mood sedang bagus, saat terburu-buru, atau saat sedang terpaksa. Jadi, kalau kata Coach Marita "Sebelum nulis, baca bismillah dulu dan luruskan niatnya."
  • No Plagiasi!
Kalau yang satu ini sih sangatlah Big No! Harus dihindari, sebisa mungkin. Boleh saja jika terinspirasi dari tulisan orang lain, tapi ya jangan sama persis dong. Plagiasi sama dengan Mencuri. Jadi, jangan lupa selalu sertakan sumber atau referensi yang kita ambil ya. Jika dalam bentuk rangkaian kalimat, usahakan untuk memparafrasakan atau istilah gampangnya diganti dengan bahasa kita sendiri.
  • Bukan Hanya Tulisan
Ingat juga ya, guys. Bukan cuma tulisan yang diperhatikan, gambar atau video juga harus dicek nih. Selain menambah menarik, gambar dan video juga harus disertakan sumbernya. Syukur-syukur kalau gambar dan video itu berasal dari hasil jepretan kita sendiri, akan lebih orisinil kan hihii. 

Adab dalam Berkomunitas

  • Ikuti rule dalam grup
Ada berbagai macam komunitas di dunia blogger dan masing-masing komunitas itu juga punya rules yang berbeda. Jika memang kita bisa mudah untuk menyesuaikan ya silakan saja untuk masuk ke dalam komunitas yang beragam. Tapi jika memang kurang sreg dengan beberapa komunitas, ya pilihlah yang sesuai dengan pribadi kita.
  • Take and Give
Diberi memang menguntungkan, tapi berbagi lebih menambah kebahagiaan. Ayeeyy.. 
Jangan cuma mau jadi tim hore dan tim rame-rame aja, guys. Setelah kita mengikuti kegiatan atau kajian tertentu, bagilah apa yang kita dapat kepada khalayak biar lebih berkah ilmunya. Ya salah satunya dengan menulis di blog kayak gini hehe.
  • SKSD
Saling Kenal Saling Dekat kalau kata Coach Marita, atau bisa juga diartikan dengan Sok Kenal Sok Dekat. Wehehe beda tipis sih tapi mirip-mirip lah yaa. Kalau memang member dalam komunitas itu banyak, setidaknya kenalilah foundernya. Lebih baik lagi jika kita bisa mengenal dan akrab dengan beberapa member. Nambah relasi juga kan?

Adab BW (Blogwalking)

  • Jangan asal komen!
Beri komentar yang sesuai dengan isi artikelnya ya. Jangan asal aja komen, "Wah, menarik ya artikelnya." padahal mah dibaca aja enggak wkwk. Lebih baik lagi kalau bisa saling sharing tentang apa yang dibahas di artikel itu. Ini akan membuat interaksi yang baik di blog kita.

Satu lagi, jangan tinggalkan link hidup di kolom komentar ya. Ini bisa jadi spam comments nantinya. Kalau memang ingin saling promosi blog, bisa lewat japri atau hubungkan saja akun yang kita gunakan untuk menulis komen ke blog yang kita miliki.
  • Kalau mau kritik, bisa personal chat aja
Terkadang kita terlalu bebas untuk berekspresi di kolom komentar apalagi kalau itu blog milik teman dekat atau kenalan. Bisa jadi sampai lupa kalau kolom komentar ini bisa dibaca oleh banyak orang. Jika memang ada komentar yang sensitif atau private sebaiknya melalui personal contact saja yaps. Ini akan lebih sopan dan tidak menyinggung pihak lain.
  • Berusaha merespon komentar
Hal ini mungkin sepele ya. Tapi ini juga penting loh untuk menghargai para pembaca blog kita, juga agar lebih dekat dengan audience. Jika memang di kemudian hari pengunjung blog kita makin banyak (Aamiin paling serius hehehe), bisa juga sisihkan waktu khusus untuk memantau dan merespon kolom-kolom komentar blog dan sosial media kita. Semoga ini bisa kita terapkan bersama ya, guys :)

Adab pada Haters

  • Jangan terbawa emosi dan jadikan perbaikan diri
Duh, ada komentar yang kurang sedap nih. Blog memang blog kita, tapi usahakan bisa mengendalikan emosi ya. Tenangkan dan endapkan dulu emosi kita, jangan langsung dibalas setelah membaca komentar yang kurang mengenakkan. Ngopi dulu, sob. Nah, setelah itu baru dibalas dengan bahasa yang sopan pastinya. 

Gimana kalau si penulis komentar masih tidak terima? Kalau dari diriku pribadi sih, sudahi saja perdebatan itu (ululuuh), jangan lupa hindari menyakiti pihak lainnya ya. Kita hormati pendapat orang lain. Jadikan kritik tersebut sebagai motivasi kita agar bisa lebih 'bakoh' 
  • Tetap Semangat!
Jangan sampai putus asa ya, guys. Pendapat kontra memang wajar kok, dan respon kita yang berkecil hati juga sebenarnya wajar. Apalagi untuk blogger pemula unyu-unyu kayak aku ini, pastilah banyak kekurangannya. Tapi jangan sampai patah semangat dan berhenti menulis. Keep strong and spirit!! (Menyemangati diri sendiri juga ini)

Adab Blogger Gathering

Biasanya nih, setelah blognya udah release kita akan masuk ke beberapa komunitas blogger. Selain menambah relasi, di sana biasanya diadakan acara-acara gathering atau coaching. Ini juga berlaku untuk diriku yang masih jadi embrio di dunia blogger. 

Usahakan datang tepat waktu, kalau perlu malah sebelum acara dimulai. Sembari menunggu acara dimulai, bisa sharing dan kenalan dengan member lainnya juga, kan. Hormatilah pengundang yang salah satunya dengan menyesuaikan dresscode tertentu yang sudah disiapkan.

Jika memang pembahasan di suatu kelas coaching adalah hal yang pernah kita dapatkan, selalu rendah hatilah. Tetap ikuti rangkaian acara sampai selesai dan jika bisa bantulah teman-teman yang mengalami kesulitan. Ikutilah acara dengan baik dan pastikan kita memahami apa saja tugas dan perintah yang harus dikerjakan. Kemudian, jalinlah komunikasi berkelanjutan setelah acara selesai sehingga bisa menambah daftar relasi kita.

Adab pada Klien

Menjaga kualitas tulisan, ini penting. Hindari menghapus backlink ketika sudah dibayar. Jangan salah, ada klien yang secara berkala mengecek tulisan kita yang lalu. Kalau setia kan siapa tahu kita bisa dapat tawaran job lagi di kemudian hari wkwk.

Misalnya nih, ada klien yang menawarkan job namun tema yang diminta kurang sesuai dengan kita. Balaslah dengan sopan dan tanpa merendahkan siapapun. Jika ingin ditolak, tolaklah dengan cara yang baik dan jangan juga digantungin. Nggak enak loh digantungin tuh :( 
Jagalah rahasia dari masing-masing klien yang pernah bekerjasama dengan kita. Jangan pula membanding-bandingkan antara klien A, B, dan C. Ssstt biarlah kita saja yang tahu, ini rahasia perusahaan hihii.

Adab pada diri sendiri dan keluarga

Jangan lupa, tubuh kita ini bukan robot. Memanusiakan diri sendiri juga penting. Jangan lupa jaga kesehatan kita ya, tubuh ini butuh istirahat. Selalu ingat untuk mengatur waktu dan berusaha mengendalikan waktu yang kita miliki agar lebih maksimal dalam menggunakannya. 

Mengutak-atik blog memang mengasyikkan, tapi jangan lupa bahagia. Jangan lupakan juga kebahagiaan orang-orang di sekitar yang mendukung kita. Me time dan family time itu penting ya :)

Oke, itu tadi sedikit sharing aku dari banyak ilmu yang aku dapat dari kelas Blogspedia Coaching bareng Coach Marita. Sesungguhnya masih banyak juga yang harus aku perbaiki dari diriku sendiri yang newbie blogger ini dan blog milikku hahaha. So, dari sini aku mencoba menerapkan prinsip 'Take and Give" tadi.

Lain kali insyaAllah akan aku share banyak pengalaman lainnya. Semoga bermanfaat yaa, guys.
Sampai jumpa di kesempatan berikutnya. Semangat belajar dan berproses.
Teirmakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. 



Comments