Asiikk, Akhirnya TLD Juga!

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Haiihai sobat sekalian. Semoga kalian selalu diberkahi kesehatan yaa. Aamiin..

Masih tentang serba-serbi dan curahan hati di Blogspedia Coaching. Kali ini kedapatan tugas diminta mengganti blog dengan custom domain. Otomatis jadi pasang TLD juga dong, yakan? 

Jadi, ada kabar gembira nih dariku. Tahu nggak? Alhamdulillah, akhirnya blog ini resmi sudah punya custom domain sendiri loh. Uwaaa senangnyaaa, akhirnya TLD juga blog amatiranku ini (huhuu terharu)

Jadi, kali ini aku bakal ceritakan pengalaman tentang gimana sejarahnya blogku bisa punya custom domain sendiri dan sudah TLD. Penasaran? Cuuzz

cover akhirnya TLD juga

Aku Dapat TLD Berbayar tapi Free, Guys! 

Kepo nggak, kenapa blogku yang newbie ini sudah bisa TLD? 
Masih ingatkah dengan ceritaku sebelumnya tentang webinar Marathon Coaching beberapa waktu lalu? Yap, yang dilaksanakan selama 3 hari itu loh. Yang kilat banget pembahasannya tapi sangat seru dan menantang wkwk. 

Saat webinar hari kedua, alhamdulillah aku bisa mendengarkan materi dengan lebih konsentrasi setelah di hari sebelumnya agak sedikit tersendat karena situasi dan kondisi yang kurang mendukung. Nah, di sesi kedua ini aku juga akhirnya bisa ikut euforia gimana tegangnya saat pengacakan 'hadiah pintu' (doorprize maksudnya wkwk)

Siapa sih yang nggak kepingin bisa dapat doorprize? Tapi, akupun juga tak berharap banyak karena peserta yang ikut lumayan banyak juga. Jadi ya sudahlah yaa, ikut menikmati saja rasa deg-degannya. 

Jeng jeengg.. sepertinya dewi fortuna sedang memihak padaku. Coach Irwin tiba-tiba menyebut namaku dan nama blogku yang waktu itu masih punya embel-embel blogspot.com. Asli lur, kaget hamba. Apalagi pas banget waktu disebut itu diriku agak sliwer , jadi pas dipanggil yang kedua kalinya baru sadar kalau blogku ini beruntung bisa dapat domain gratis dari pihak Marathon Coaching. Asiikk..

Waw, excited banget diri ini. Untung nggak sampe teriak-teriak yakan, dah malam wkwk. Berhubung aku merupakan salah satu yang dapat doorprize nih, jadilah aku dan beberapa teman Blogspedia Coaching yang juga dapat free domain ini bisa lebih dulu ganti custom domain. Justru di sinilah perasaan roller coasternya. 

Di balik kesenangan itu, terdapat rasa bingung juga. Bingung karena hanya beberapa saja yang bisa diajak saling curhat saat beli dan pasang domain. Bingung gimana cara pesannya,? Gimana cara pasangnya? Syaratnya apa aja? dan lain sebagainya. Dan akhirnyaa... Oke, kita bahas nanti di bagian berikutnya (ciee kepo yaa wkwk)

What is TLD?

"Ah, elaahh. Dari tadi bahas TLD mulu  Apa sih TLD? Kok daritadi TLD TLD mulu?" Pasti itu yang ada di benak kalian kan? Sstt, aku sendiri juga sebenarnya baru aja tau pas ikut dan belajar di Coaching Blogspedia ini, guys wkwk. Yaudah kuy, kita bahas dulu secara singkat padat dan jelas sebenarnya apa itu TLD.

TLD (Top Level Domain) ialah bagian akhir dari suatu domain. Contohnya seperti *.com, *.co.id, *.my.id,  *.net, *.org, dan masih banyak lainnya. Nah, pengertian dari domain sendiri merupakan suatu alamat website yang berfungsi sebagai identitas. Sehingga, untuk memperkuat identitas itu, kita perlu memilih TLD yang tepat.

TLD sendiri ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk domain gratis ini adalah domain yang tersedia di internet, seperti *.blogspot.com atau *.wordpress.com, dan yang berbayar seperti yang sudah kusebutkan di atas tadi. 

TLD yang berbayar inilah yang punya manfaat lebih dibanding dengan yang gratis. Apa saja? Diantaranya seperti:

  1. Memasang/menggunakan TLD berbayar mempunyai nilai reputasi yang baik. Sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pembaca terhadap blog milik kita. 
  2. TLD yang bagus akan membuat website/blog kita terlihat lebih profesional. Nah, apalagi bagi pemilik website toko online. Pastinya para calon pembeli akan lebih tertarik, guys.
  3. Memudahkan para pembaca untuk mengakses website kita, seperti yang aku katakan di atas tadi. Yap, supaya blog kita punya ciri khas dan identitas sehingga orang mudah mengingat blog kita ini. Inipun juga akan mempengaruhi tingkat traffic blog itu sendiri.
  4. Bisa mempersingkat url pada artikel-artikel kita, sehingga nantinya akan lebih SEO Friendly (Search Engine Optimization)
  5. Selain itu, bonus manfaat dari memasang TLD berbayar akan lebih menarik para advertising untuk memasang iklan di website/blog milik kita loh. Hal ini tentunya bisa menambah penghasilan pemilik website.

Di sini, domain yang aku pakai adalah *.my.id. Kenapa? Memang, awalnya domain impianku adalah *.com. Namun, karena selain menyesuaikan dengan jenis hadiah yang didapatkan adalah untuk domain *.my.id, tak ada salahnya juga memakai domain ini. 

Pertama, harga per tahunnya cukup terjangkau bagi ukuran blogger pemula sepertiku. Sehingga harapannya bisa tambah semangat buat menebar kebaikan lewat tulisan blogku tanpa harus takut perihal biaya perpanjangan domain tiap tahunnya hehe. 

Kedua, domain ini memang ditujukan untuk website yang bersifat personal/pribadi. Dilihat saja dari namanya my.id, kayak "gue banget dan ini blog adalah rumah gue" gituh, wkwk. Jadi ini cocok banget sama blogku dengan tema yang lifestyle dan memang masih cenderung ke blog pribadi.

Ketiga, dibandingkan dengan *.com, domain *.my.id masih belum banyak digunakan. Ini artinya, ketersediaan nama domain yang kita inginkan/ custom domainnya juga masih banyak. 

Okey, trus gimana nih caranya biar kita bisa punya dan pasang TLD berbayar ini? Kuuy lanjuutt

Cerita Lika-liku dan Cara Pasang TLD

Akupun merasa senang karena nggak nyangka bisa dapat doorprize bisa pasang domain berbayar namun free ini. Tapi jujur, awalnya aku bingung juga cara membeli dan memasang domainnya. Tapi, bermodal pede dan berani plus tetap harus rajin membaca dan jangan malu bertanya ke orang-orang yang lebih pro. Semboyanku,  "poko'e waton mlaku wae" wkwk

1. Pilih Jasa Penyedia Domain Terpercaya

Untuk membeli domain ini, kita juga harus memilih jasa penyedia domain yang kan kita tuju. Kalau aku sih kemarin pilih membeli di rumahweb sesuai saran yang diberikan pihak Marathon Coaching. Maklum lah, masih newbie jadi ikuti saja dulu saran dari yang lebih berpengalaman hihii. Sebenarnya ada banyak kok jasa penyedia domain ini. Eits, tapi tetap yaa hati-hati dalam memilihnya. Pastikan kalian sudah tahu review dari teman-teman sesama blogger terhadap jasa penyedia tersebut. 

2. Tentukan Custom Domain yang Menarik

Kemudian, mulailah kita menentukan custom domain yang kita mau. Pilihlah nama dengan 5-9 karakter, guys. Ini adalah syarat yang selalu diwanti-wantikan untuk memenuhi salah satu kaidah optimasi parameter SEO. Tentang SEO ini, belum banyak sih yang aku kuasai. Tapi tidak ada salahnya kan mencoba membiasakan diri terhadap SEO friendly? Lain kali deh, nanti ku ceritakan gimana sih SEO friendly itu hehe. Intinya dulu aja, biar url artikel kita nantinya nggak terlalu panjang.

Seperti yang telah terpampang nyata membahana, uhuuy wkwk. Custom domain yang aku pilih adalah www.galerirara.my.id. Alhamdulillah, sudah sah dan resmi menjadi TLD pada 5 November 2020 (prok, prok, prok)

3. Langkah Memesan Domain di Rumahweb

Diawali dengan membuka laman website rumahweb. 

halaman awal rumahweb
Lalu isikan custom domain yang sudah direncanakan, klik Search. Akan muncul pilihan-pilihan seperti gambar berikut. Pastikan TLD kita masih available ya

pilih custom domain tersedia

Setelah klik Daftar, akan muncul kotak seperti ini. Untuk domain .my.id memang relatif terjangkau. Hanya berkisar antara Rp.12.000- Rp50.000 tergantung dengan jasa penyedia domain yang dipilih. 

Di sini terdapat pilihan untuk mengaktifkan Privacy Protection yang nantinya akan menambah biaya domain sebesar Rp 10.000. Namun, untuk domain .my.id ini ternyata sudah punya Privacy Protection otomatis dalam domainnya jadi aku hilangkan tanda centang dalam kontakan tersebut (kubeli tanpa protection)


Kemudian, silakan menuju ke langkah berikutnya yaitu pilih Beli Domain Saja bagi teman-teman yang memang belum membutuhkan hosting

beli domain saja

Selanjutnya, scroll ke bawah dan pilih untuk pilihan login (bagi yang sudah punya akun rumahweb) atau buatlah akun rumahweb dulu bagi yang belum punya akun.

Setelah akun selesai dibuat, pastikan rincian pembelian domain anda sudah sesuai. Klik Check Out. Lalu pilih metode pembayaran yang dikehendaki

check out

Selanjutnya, silakan cek melalui Whatsapp ke customer service apakah order domain kita sudah tercatat sebagai pesanan atau belum. Jika sudah, segera lakukan pembayaran sesuai batas waktu tertera dalam invoice yang diterima. 

Setelah pembayaran, kita akan menerima email pernyataan bahwa domain kita sudah aktif. Berikutnya, kita juga akan mendapat email verifikasi seperti berikut.

email verifikasi

Setelah verifikasi, cuuzz kita menuju tahap berikutnya yaitu memang custom domain!

4. Memasang Custom Domain Sendiri?

Ini nih titik serunya. Setelah bisa beli dan membayar domain yg kita order ke penyedia jasa domain, langkah selanjutnya adalah memasang domain yg kita inginkan. 

Memang sih, biasanya jasa penyedia domain juga menawarkan sekalian untuk pemasangannya. Tapi di kelas Coach Ibund Marita ini pastinya lebih seru. Yaw, kita kudu pasang sendiri custom domain kita. Wiiww, berasa seneng tapi bingung linglung juga. Ini gimanaaa cara pasangnya. Kirain cuma tinggal ganti aja domainnya di bagian setting. Ternyata, tidak semudah itu fergusooo wkwk

Alhamdulillah, akhirnya sang Coach kami tercinta memberi pencerahan. Ku bukalah url tutorial cara memasang TLD  yang beliau berikan. Aku sempat mengalami hambatan di bagian langkah ke 3 saat pilih menu "Manage Domain" karena lumayan lama loadingnya (hmmm sabar ya guys). Perhatikan baik-baik langkah nomor 8. Kalau perlu zoom in bagian gambarnya agar kita tahu yang mana merupakan CNAME#1 dan CNAME#2 (CNAMEnya dicopas aja guys biar cepet hehe)

Ada sedikit tips nih dariku. Aku sarankan untuk menggunakan perangkat laptop saat memasang custom domain ini agar lebih leluasa ruang gerak kita. Lalu, bukalah empat tab berbeda yaitu tab artikel tutorialnya, tab dashboard blogger kita, tab url who.is.(cek langkah nomor 9) dan tab laman akun rumahweb. 

Dalam tutorial tersebut sebenarnya sudah sangat lengkap, loh. Namun, kuncinya di sini adalah memang harus TELITI dan SABAR. Kalau gagal ya dicoba lagi. Gagal lagi? ya coba lagi, dan seterusnya. Satu lagi, jangan sungkan bertanya namun harus tetap budayakan membaca dan memahami dulu sebelum bertanya. Selamat dan semangat mencoba, kawan :)

5. Harapan dengan Domain Baru

Aku sendiri juga masih tak menyangka, secepat ini blog yang baru ku buat sudah punya custom domain sendiri dan sudah TLD. Inilah salah satu sumber semangatku biar bisa balik lagi untuk menulis di blog. Dalam benakku, "Hey Ra, ayok semangat! Blogmu udah TLD loh. Kan sayang, masa mau menyerah dan dianggurin?"

Semoga, dengan telah berubahnya status domainku menjadi TLD dan sudah punya gelar yang lebih baik akan dapat menambah semangat pula untuk berbagi cerita dan manfaat ke teman-teman semuanya ya, Aamiin

Baiklah, sekian cerita pengalaman blogku yang akhirnya TLD juga. Banyak lika-liku dan kebingungan yang sempat aku alami. Tapi alhamdulillah diberikan kemudahan untuk berjalan ke setiap langkah selanjutnya. Nah, jadi bagaimana dengan pengalaman kalian yang juga baru pasang TLD baru nih? Yuk, boleh kita sharing di kolom komentar yaps.

Terimaksih sudah membaca. Semoga bermanfaat :)
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Comments

  1. Alhamdulillah.. semoga semakin berkembang blognya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah.. terimakasih Bund. Semangat juga untuk Bund Arum ya :)

      Delete
  2. Betul banget mba Ra. Setelah TLD jadi sumber semangat biar bisa balik nulis di blog lagi..

    ReplyDelete
  3. Iya Bund Wina, betul sekali. Jadi ingat gitu dan sayang kalau mau ditinggalkan hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar yaa
Terimakasih sudah mampir :)