Marathon Coaching #PART2 - Branding di Sosial Media

Bismillah, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. 

Apa kabar nih friends? Semoga semuanya selalu sehat yaa 

Nah, kali ini aku mau bagi-bagi info lagi yang pastinya masih lanjutan dari postingan sebelumnya. Yap, masih mengenai ilmu dari acara Marathon Coaching yang kali ini tentang Branding di Sosial Media dan Tips Mengambil Gambar dengan Kamera Smarthphone.

Marathon coaching part 2


Apa aja sih manfaat dari media sosial? 

  • Menjaga Silaturahmi
Terkadang kita banyak menemukan teman-teman lama melalui media sosial yang kita gunakan. Di sini bisa mempermudah mencari teman-teman masa SMP, SMA, atau teman kuliah. Ssstt teman kala sekolah dasar juga bisa ditemukan di sosial media loh asalkan masih hapal nama-namanya aja sih, daan siapa tahu bisa dapat jodoh juga kan wkwk
  • Memperbanyak Koneksi
Masih ada hubungannya dengan poin yang pertama nih. Setelah kita menemukan teman lama otomatis relasi kita yang dulu sempat hilang bisa kembali lagi (aseekk). Pun tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapat teman baru. Misalnya dengan mengikuti beberapa grup atau komunitas di facebook, saling follow di Twitter dan Instagram juga. So, dengan memperbanyak koneksi inilah juga bisa membantu kita mempermudah mendapat informasi tawaran job loh hihii
  • Branding
Branding di sini bisa personal branding (Membranding diri) atau bisa juga branding produk kita bagi teman-teman yang memiliki atau menjual suatu produk. Branding ini penting untuk mengenalkan siapa kita atau apa sih produk yang kita jual. Nah, untuk lebih lanjut tentang branding kita bahas setelah ini yap.
  • Media Promosi Blog
Media sosial sangat bermanfaat sebagai media promosi blog yang kita miliki. Kita bisa menambahkan link/tautan update konten dan postingan blog kita. Dengan demikian, blog kita akan lebih diketahui oleh orang-orang di media sosial. Promosi blog di media sosial ini juga ada tipsnya loh. 

Branding di Media Sosial Ala Kak Ilham

Banyak sekali media sosial yang popular sekarang ini seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, Linked In, Snapchat, Tik Tok, dan masih banyak lagi. Nah, teman-teman paling suka atau lebih sering pakai sosial media apa nih?

Nah, terkait media sosial yang kita gunakan nantinya akan berpengaruh pada media branding kita. Personal branding sebenarnya nggak cuma untuk blogger saja kok, bisa untuk teman-teman yang punya usaha juga. Kita harus memilih nih, lebih cenderung ke sosial media yang mana untuk branding produk kita. Mau lebih fokus ke Instagram kah, atau Facebook, atau yang lainnya. Jadi prioritaskan ya! 

Setelah kita memilih dan memprioritaskan kita mau pakai sosmed yang mana, lalu gimana nih cara branding kita ke sosmed itu? 

Branding di Media Sosial Ala Kak Ilham

  • Temukan Audience Kita
Yap, penting loh untuk menentukan siapa pembaca atau pemirsa media sosial kita. Kita bisa menentukannya berdasarkan usia, bidang pendidikan atau pekerjaan, gaya hidup, sampai kepada kegemaran atau hobi-hobi yang dimiliki masyarakat pengguna sosmed. Hal ini nantinya akan saling terkait antara tema isi blog kita dan siapa yang akan tertarik membaca atau mengklik link yang kita berikan.
  •  Kita Mau Dikenal sebagai Apa dan Siapa? 
Tentukan dulu nih tujuan branding kita mau gimana. Kita ingin dikenal sebagai apa dan siapa. Mencoba untuk humble dan ramah pada audience. Usahakan selalu merespon komentar dari audience secara berkala yang nantinya akan membuat anggapan para pembaca,"Oo.. si A ini blogger yang lucu ya kocak." atau "Ih, si B ini blogger yang menye-menye mellow gitu tapi lucu juga walau lebay." dan lain sebagainya.
  • Apa bedanya dengan akun lain? 
Yass. Berikan ciri khas pada sosial media kita. Misalnya berikan caption yang unik, lucu, nyeleneh, atau ala-ala centil gitu wkwk. Berikan kesan ciri khas yang menarik agar bisa mengundang interaksi di media sosial kita. Bisa juga dengan memilih menggunakan sudut pandang yang berbeda dengan pengguna sosmed lainnya
  • Tentukan Arah Akunnya 
Hal ini bisa dari cara kita menyapa audience atau netizen kalau bahasa sekarang mah hehe. Berikan sapaan khusus untuk mereka, misal guys atau sahabat rara (aseekk). Untuk teman-teman pembaca setia blogku mau dikasih nama apa nih? Soon yaa kita buat sapaan khusus wkwk.
  • Terpenting, Konsisten!
Selain konsisten mengupdate dan memposting konten di blog kita, usahakan juga konsisten menyapa atau mengupdate followers di media sosial. Kalo kata Kak Ilham sih SKSD aja alias Sok Kenal Sok Dekat hihii. Benar sih, taktik SKSD ini biasanya bisa meningkatkan keakraban dan interaksi kita dengan masyarakat sosmed lainnya.

Untuk yang sudah bisa konsisten dalam tahap tadi, bisa juga ditingkatkan dengan mengatur waktu atau jadwal upload konten kita. Sehingga para netizen bisa mengingat, kalau istilah Jawanya 'niteni' kebiasaan update konten kita.

Terus kalau tentang branding udah oke, gimana nih biar konten blog dan sosmed kita lebih apik dan aesthetic? Lanjut ke pembahasan di bawah 

Tips Mengabadikan Objek dengan Kamera Smartphone Ala Kak Gilang

Tips Mengabadikan Objek dengan Kamera Smartphone ala Kak Gilang

Guys, foto atau gambar termasuk salah satu komponen penting loh dalam konten blog dan sosmed kita. Selain sebagai ikon untuk menambah daya tarik, juga bisa sebagai pembatas antar beberapa paragraf agar pembaca tidak lelah saat membaca artikel yang panjang. 

Sumber-sumber foto yang dapat digunakan juga beragam dari situs penyedia gambar seperti Pixabay, Pexels, Flickr, dan lain-lain. Eitss, jangan lupa, sumber gambar bisa juga dari galeri di ponsel kita loh. Selain tidak khawatir tentang copyright dan gambar kita juga tidak terlihat pasaran, juga bisa untuk branding dan pembaca lebih percaya dengan ulasan yang kita tulis. 
  • Perhatikan Spesifikasi Kamera Smarthphone Kita
Usahakan kamera ponsel kita memiliki resolusi minimal 12 Megapixel. Resolusi minimal tersebut sudah mumpuni untuk mengambil gambar dari objek dan jangan lupa aktifkan mode high quality. 

Trus gimana kalau resolusi kameranya rendah? Tidak apa, diriku juga pernah kok cekrek-cekrek pakai ponsel jadul hanya saja memang nantinya membutuhkan editing yang lebih ekstra.
  • Perhatikan Pencahayaan
Ada dua jenis pencahayaan. Pertama, cahaya alami yang tentunya dari cahaya ilahi alias cahaya matahari wkwk baik langsung maupun tidak. Kedua, cahaya tidak langsung yang bisa berasal dari lampu atau mungkin bisa juga dari lilin. Perlu diperhatikan arah datangnya cahaya, ada backlight (arah belakang) maupun front light (arah depan)
  • Tentukan Tema dan Komposisi
Sebelum mulai memotret, pastikan dulu tema yang akan kita gunakan. Misalnya tradisional, kesehatan, modern, vintage, atau lainnya. Berkaitan juga dengan komposisi dan posisi yang akan dipakai. Apakah center pointnya di bagian benda A, atau mungkin dibuat efek blur pada benda di bagian belakang benda utama, dan lain sebagainya.Gunakan kreasi kalian ya, guys!
  • Pilih Background
Pilihlah background yang sesuai kebutuhan. Ada banyak pilihan loh, ambil aja yang simple dan ada di sekitar kita. Contohnya, ada tembok putih, pemandangan alami di balik jendela (uhuuyy), atau kalau mau lebih kreatif lagi bisa pakai bagian belakang kalender (ini mah antara kreatif sama nggak modal beda tipis wkwk). Nah, terserah teman-teman deh, sekreatif kalian.
  • Tentukan Nuansa dan Angle Foto
Berikan nuansa foto yang menarik. Hati-hati dalam memasukkan properti pendukung ya, guys. Jangan sampai gambar utama malah tertutupi oleh properti pendukung. Adapun beberapa angle yang sering digunakan, seperti low angle, high angle, flatlay, dan eye view.

Macam angle foto
Sumber: https://www.gemaulani.com/

Itu dia, guys ulasan tentang ilmu-ilmu yang aku dapat di Marathon Coaching dari GrowthingID. Keren banget, kan?
Di sini yang paling penting adalah belajar, jangan bosan untuk berlatih dan mencoba. Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yaps. Aamiin..

Jangan lupa tinggalkan pendapat dan saran di kolom komentar yak. Terimakasih, sampai jumpa di konten selanjutnyaa..




Comments