Cara Asik Jaga Energi Di Kala Pandemi

 Cara Asik Jaga Energi di Kala Pandemi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hollaaa guys, ketemu lagi nih kita
Semoga sehat selalu yaa

Emm.. ngomong-ngomong soal sehat, sangat penting nih untuk menjaga stamina. Apalagi saat sedang pandemi begini. Kita butuh daya tahan tubuh yang prima untuk melakukan aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan. Eitss, jangan lupa selalu pakai masker ya kalau mau keluar rumah :)

So, gimana cara asik jaga energi kita saat pandemi kayak gini?

cara asik jaga energi


Memang sih, sekarang ini kondisi di lingkungan luar sudah mulai kembali seperti semula termasuk industri dan kegiatan sosial lainnya. Namun ingat ya, kita tetap dihimbau dan wajib untuk mematuhi protokol kesehatan. Meskipun begitu, kegiatan belajar mengajar masih tetap dilakukan secara online. Termasuk diriku nih yang masih bertahan dengan sistem kuliah online. Pasti pada bosen kan kegiatan di rumah gitu-gitu aja? Yaa walaupun tetap bisa keluar rumah sih, tapi kegiatan kita di outdoor harus tetap dibatasi. 

Ini nih yang selanjutnya bakal timbul rasa bosan. Bosan banget nggak sih? Serasa kegiatan kita itu-itu aja tapi malah berasa capek banget padahal nggak ngapa-ngapain. Cuma duduk di depan laptop dan gadget aja. Dah lah tuu tambah merajalela rasa magernya. Nah, aku punya beberapa tips nih gimana menjaga energi dan mood kita biar fit dan nggak bosan. Cuuzz..

1. Atur dan Jaga Pola Makan

Penting nih guys buat selalu mengatur dan menjaga pola makan. Hayoo yang biasanya suka makan dan jajan sembarangan, atau malah mungkin yang suka skip makan? (anak kos ini mah biasanya wkwkw)

Yuk, kita bareng-bareng mulai perbaiki kebiasaan makan kita. Mulai makan makanan yang bergizi seimbang, meliputi sumber tenaga/karbohidrat, lauk/sumber protein, sayur, buah, dan susu. Tapi, makanan bergizi seimbang sendiri belum sepenuhnya cukup untuk mempertahankan daya tahan tubuh kita. Kalau untuk diriku pribadi sih biasanya aku minum multivitamin dan nggak lupa buat memenuhi kebutuhan cairanku dengan rajin minum air putih. Banyak kok pilihan multivitamin di pasaran. Kalian bisa memilih sesuai kebutuhan. 

Bicara tentang salah satu aspek 4 sehat 5 sempurna nih. Aku termasuk orang yang suka banget sama susu. Bahkan saat kecil dulu aku bisa menghabiskan 4 gelas susu dalam sehari wehehe. Nggak tau kenapa ya rasanya enak aja gitu dan justru lebih enak kalo minumnya itu cepat, jadi malah susah berhenti kalau minum susu atau minuman yang mengandung susu. 

Yok, mari merapat para pecinta susu. Ini nih salah satu produk susu favoritku. Suclass atau Susu Classic. Terbuat dari susu sapi murni dan pastinya segar dengan berbagai macam varian rasa dan ukuran. Biasanya aku order yang ukuran 500 ml dan ini bisa langsung sekali habis loh wkwk. 

susu classic

Loh, kan sama aja sama minum susu kemasan. Emang apa bedanya susu sapi asli sama susu kemasan? Jelas beda dong. Susu sapi murni adalah jenis susu yang kandungan nutrisinya tanpa ada penambahan atau pengurangan apapun serta tidak terlalu banyak mengalami proses pengolahan. 

 Terus, apa aja sih manfaat susu sapi untuk tubuh kita? 
  • Kaya akan kalsium dan mineral yang membantu pertumbuhan tulang
  • Membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan potassium dalam susu sapi mampu menstabilkan darah dan tekanan darah
  • Baik untuk penderita anemia karena dalam susu sapi kaya akan zat besi yang membantu regenerasi sel darah merah
  • Menjaga tubuh tetap fit karena jantung yang terjaga dan sistem saraf yang bekerja dengan baik, serta kandungan magnesium membantu daya tahan tubuh lebih maksimal
  • Dapat membantu mengatasi depresi karena susu sapi mengandung vitamin D yang membantu produksi serotonin 
  • Membantu menetralisir racun
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.

2. Istirahat Cukup dan Berolahraga

Istirahat yang cukup tentu tak kalah pentingnya agar daya tahan tubuh kita tetap oke. Dengan jam tidur yang cukup, itu artinya tubuh kita juga akan maksimal dalam mengistirahatkan serta memelihara organ-organ yang kemudian akan kita gunakan kembali keesokan harinya. Agar membantu kualitas tidurku lebih baik, sebelum tidur biasanya aku minum susu dulu nih. Seperti yang ada di salah satu manfaat susu yaitu mengandung vitamin D yang membantu produksi hormon serotonin. Hormon ini berperan menjaga mood, nafsu makan, dan kualitas tidur.

Jangan lupa juga untuk berolahraga fisik. Siapa nih yang suka malas gerak? (kadang aku juga deng hehe). Nggak harus olahraga yang berat kok, banyak pilihan olahraga ringan. Misalnya bisa dengan gerakan-gerakan pemanasan (sit up, push up, naik turun tangga), yoga, skipping/lompat tali, atau sekedar jalan kaki serta bersepeda ringan keliling kompleks. So, yuk mulai biasakan berolahraga ya, guys.

3. Kontrol Stress dan Jangan Lupa Refreshing

Rasa bosan bisa memicu terjadinya stress juga loh guys. Jadi buatlah aktivitas kita setiap harinya agar lebih bervariasi. Kayak aku gini nih, ikutan kelas Blogspedia Coaching biar dapat pengalaman baru sekaligus bisa upgrade skill dan berkarya. Bisa juga dengan ikutan webinar atau seminar-seminar online lainnya. Kan banyak tuh sekarang webinar-webinar yang diadakan berbagai lembaga.

Huhu sedih sebenernya, kadang kangen ingin kegiatan di outdoor, bolak-balik ke kampus dan lab, nongkrong sama teman-teman juga, belajar bareng biar nggak bosan. Beberapa cafe memang sudah dibuka, tapi masa iya kita mau tiap hari dan tiap kali jam kuliah mau pergi ke cafe? Bisa kering nih dompetnya wkwkw

Jadi, aku punya inisiatif nih biar kegiatan kita nggak bosen-bosen amat apalagi saat sekolah/kuliah online atau mengerjakan tugas. Selain mengisi waktu luang dengan melakukan hobi dan kegiatan kesukaan kita, coba carilah suasana baru dari tiap sudut rumah atau ruangan kalian saat work from home. Semacam ganti-ganti posisi gitu loh, kadang nugas di ruang tamu, atau di teras dan ruangan lain yang nyaman untuk bekerja. Atau boleh juga loh teman-teman mengupgrade tatanan kamar pribadi kalian. 

Aku sendiri juga berusaha membuat ruangan pribadiku yang satu itu agar tetap nyaman dan sedap dipandang mata. Bisa juga tuh dikasih wewangian kesukaan kita biar bisa rileks. Plus jangan lupa sediakan camilan kesukaan ya biar tambah seru. Biasanya sih aku suka banget sama cookies coklat atau keripik singkong ditambah minum Suclass yang dingin. Wuhuuw segeerr, mantap tiada tara wkwk

susu classic B

4. Buat Jadwal Harian Kamu

Nah, kalau WFH gini kadang jadi tambah amburadul nih jadwal kegiatannya. Kalau aku sih, jujur ya merasa lebih amburadul jika dibandingkan dengan kuliah saat sebelum pandemi ini. Mungkin karena dilakukan secara offline ya jadi terlihat lebih nyata dan lebih terhindar dari rasa malas. Apalagi teman-teman mahasiswa semester akhir sepertiku wkwk.

Jadwal kuliah menjadi lebih sedikit dibanding sebelumnya. Kadang malah bingung mau ngerjain apa. Ssstt padahal ada tanggungjawab proposal skripsi yang harus diselesaikan wkwwk. Nah, maka dari itulah aku mulai membiasakan diri untuk mengatur jadwal harianku. Tak jauh berbeda dengan yang aku sampaikan di cerita tips sebelumnya. Selain membantu mengingatkan tugas-tugas kita, jadwal harian ini juga dibuat agar kegiatan harian kita lebih terarah.

Sekilas About Suclass


Kenapa dinamai klasik? Kalau jaman dulu kan biasanya kita hanya mengkonsumsi susu murni itu sekedar dimasak lalu langsung diminum. Nah, produk ini tuh hadir dengan banyak varian rasa, guys. Ada tawar, manis, coklat, melon, strawberry dan vanilla. Kalau favoritku sih yang rasa coklat dan rasa manis. Eits, jangan khawatir, untuk tingkat kemanisannya kita bisa request kok. Jadi, bagi kalian yang kurang suka manis tinggal order aja yang less sugar

Tenang aja harganya terjangkau, terlebih untuk ukuran kantong mahasiswa. Selain itu, produksi Suclass ini selalu berusaha memberikan produk susu yang fresh. Meskipun diolah dengan proses pasteurisasi sederhana dan harga terjangkau, Suclass ini menggunakan sistem PO (Pre Order) sehingga susu akan diproduksi setelah seluruh list pesanan diterima dan segera diambil ataupun diantarkan secara bersamaan untuk setiap periode PO. 

Periode PO dilakukan setiap hari senin dan kamis, catat yaps! Bukan cuma itu, Suclass punya banyak promo juga nih. Jadi stay tune dan pantengin terus social medianya buat selalu update tentang promo Suclass. 

Ada quotes menarik nih dari Suclass
Susu yang nikmat bisa dibeli, tapi nikmatnya minum susu hanya Allah yang beri, MasyaAllah. Jangan lupa bersyukur dan berbagi :)  
-@susu_classic
Oiya, bicara soal susu classic ini, sementara Suclass hanya bisa diorder untuk wilayah Yogyakarta aja. Nah, untuk teman-teman yang di Jogja boleh banget kuy diorder.  Kalian bisa cek di instagramnya @susu_classic atau langsung order via Whatsapp di nomor yang tertera di instagramnya. Bagi kalian yang ada di luar Jogja, harap bersabar ya semoga Suclass ini nantinya bisa hadir dan membuka cabang di berbagai daerah. Aamiin..

Nah, itu dia tips asik jaga energi dariku. Salah satunya dengan minum Susu Classic :) Kalau kalian gimana nih cara asik jaga energi biar nggak gampang sakit dan bosan? Boleh yuk ceritain di kolom komentar. Siapa tahu bisa jadi referensi juga biar ada variasi untuk diterapkan di rutinitasku.

Okay, segitu dulu cerita hari ini. Jangan lupa nantikan ceritaku selanjutnya yap. Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Comments

  1. Wah jauh banget kalo mau order ke jogja dulu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya nih kak, boleh lah yuk sambil main ke jogja wkwk. Sementara ini masih sekitaran jogja dulu. Belum ada cabangnya. Doakan ya semoga nanti ada cabang di daerah lainnya :)

      Delete

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar yaa
Terimakasih sudah mampir :)